Minggu, 24 Maret 2013

macam-macam kelainan tulang


1. kiposis
Kyphosis (dari bahasa Yunani - kyphos, punuk), juga disebut roundback atau bungkuk Kelso, adalah suatu kondisi over-kelengkungan vertebra toraks (punggung atas). Hal ini dapat berupa hasil dari penyakit degeneratif (seperti arthritis), masalah perkembangan (contoh yang paling umum adalah penyakit Scheuermann), osteoporosis dengan fraktur kompresi tulang belakang, atau trauma. Dalam arti suatu kelainan, itu adalah patologis melengkung dari tulang belakang, di mana bagian tulang belakang kehilangan sebagian atau semua profil lordotic mereka. Hal ini menyebabkan membungkuk dari belakang, dipandang sebagai postur membungkuk.



Gambar 1 : kiposit







Gambar 2 : lordosis

2. lordosis
Lordosis adalah kelengkungan batin sebagian dari ruas tulang belakang lumbar dan serviks [1]. Dua segmen dari kolom tulang belakang, yaitu serviks dan lumbal, biasanya lordotic, yaitu, mereka diatur dalam sebuah kurva yang memiliki konveksitas nya anterior (depan) dan posterior cekung (belakang), dalam konteks anatomi manusia. Ketika mengacu pada anatomi mamalia lain, arah kurva disebut ventral. Lengkung dalam arah yang berlawanan, yaitu, apex posterior (manusia) atau bagian punggung (mamalia) disebut kyphosis.



3. Pigeon chest
Pectus carinatum, juga disebut dada burung merpati, adalah kelainan bentuk dada ditandai dengan penonjolan tulang dada dan tulang rusuk. Ini adalah kebalikan dari excavatum pectus.


Gambar 3 : pigeon chest (dada merpati)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar